Pilihan

Kamis, 09 Agustus 2012

Mengatasi Kulit Kering saat Puasa


Kulit Kering saat Puasa- Saat berpuasa, cairan yang kita konsumsi tentu akan jauh berkurang.  Padahal cairan merupakan komponen penting dalam tubuh kita. Kekurangan cairan atau dehidrasi dapat menyebabkan gangguan pencernaan, sakit pinggang, kekentalan darah dan juga berpengaruh terhadap kesehatan kulit. Jika tubuh mengalami dehidrasi, maka kulit akan tampak kering, kusam dan pecah-pecah.

Untuk menjaga kesehatan kulit saat berpuasa, ada baiknya Anda ikuti tips-tips berikut ini :
  1. Gunakan body lotion setelah mandi. Body lotion mampu menjaga kelembaban pada kulit sehingga kulit  tidak mudah kering.
  2. Mandi dengan air dingin. Mandi dengan air panas hanya akan menghilangkan kandungan lemak pada kulit sehingga menyebabkan kulit menjadi kering.
  3. Batasi penggunaan sabun saat mandi. Penggunaan sabun yang berlebihan  memang mampu membersihkan kotoran  dan keringat pada tubuh, akan tetapi kandungan lemak dan minyak pada kulit juga akan terbuang. Hal ini justru akan membuat kulit menjadi kering.
  4. Banyak minum air putih saat sahur dan berbuka. Konsumsi air yang cukup saat berpuasa dapat mencegah terjadinya dehidrasi dan  membantu menjaga kesehatan kulit.
  5. Untuk kulit wajah, gunakan pelembab sesuai jenis kulit.
  6. Gunakan pelembab bibir atau lipgloss agar bibir tidak kering.
  7. Tetap gunakan scrub untuk membantu mengangkat sel kulit mati.
  8. Konsumsi buah dan sayur.
  9. Lakukan olah raga ringan. Hal ini penting dilakukan saat puasa agar darah yang mengandung oksigen mampu beredar ke sel-sel kulit,  sehingga kulit menjadi sehat.
  10. Kurangi kegiatan di luar ruangan pada siang hari agar kulit terhindar dari dehidrasi.
  11. Konsumsi vtamin dan multivitamin untuk menjaga kesehatan tubuh dan kulit.

0 komentar:

Posting Komentar